Senin, 26 Desember 2011

Membangun Budaya Baca dengan Perpustakaan Keliling

Oleh: Adi Ngadiman,S.Pd,MM. 

Bila buku sebagai jendela ilmu pengetahuan, maka perpustakaan adalah gudangnya. Karena perpustakaan menyimpan buku-buku dan beragam jenis informasi yang dapat diakses dengan mudah oleh para pengunjungnya. Perpustakaan juga secara tidak langsung menjadi “pasar” bagi para transaksional ilmu pengetahuan, tempat bertemunya para “pembeli” ilmu pengetahuan dan beragam informasi yang harganya tidak dapat di ukur dengan materi.

Buku dan perpustakaan dua sejoli yang dirindu dan dibutuhkan oleh siapapun. Namun terkadang, tidak jarang diantara kita mengabaikannya. Fakta, bahwa banyak daerah di Indonesia membutuhkan buku-buku yang bermutu dan belum tersentuh perpustakaan namun di sisi lain perpustakaan yang sudah ada minim sekali pengunjung.

Memaknai Perpustakaan

Perpustakaan selain disebut sebagai gudang ilmu pengetahuan juga dapat dikatakan sebagai sumber informasi dan tempat rekreasi, mengapa demikan? Pertama, perpustakaan dalam skala yang kecil sekalipun, tetap dapat dijadikan rujukan untuk berbagai informasi yang kita butuhkan. Kedua, selama di perpustakaan seseorang dapat membawa imajinasinya ke tempat dimanapun dan rentang waktu kapanpun di dunia melalui buku.

Ketiga, pada perpustakaan tertentu, tidak hanya menyediakan buku-buku dan sumber informasi tetapi juga menyediakan alat-alat permainan edukatif, yang memungkinkan para pengunjung dapat belajar sambil bermain. Keempat, perpustakaan juga dapat dijadikan sebagai sarana rujukan dalam tugas-tugas belajar yang dibebankan oleh guru/dosen. Kelima, perpustakan dapat menjadi tempat ”pelarian” bagi kita yang sudah mulai jenuh dengan hiruk pikuk suasana kerja/belajar.

Dengan pemaknaan di atas, perpustakaan tidak lagi sebagai tempat yang “angker”, sepi dan tempat hukuman bagi para siswa yang di anggap bermasalah, perpustakaan juga tidak lagi identik dengan kumuh, debu dan kaku. Konsekuensinya, perpustakaan harus dapat menyesuaikan dengan kondisi kekinian dan selera yang dapat diterima “pasar” baik tampilan maupun isinya.

Kondisi Perpustakaan di Tanah Air
Perpustakaan di Indonesia masih belum memadai, baik dari segi kuantitas dengan melihat ketersediaan perpustakaan di berbagai wilayah Indonesia dan segi kualitas yang menitikberatkan pada bagaimana pengeleloaan perpustakaan agar sesuai dengan apa yang diharapkan di atas. 

Selain perpustakaan yang dikelola oleh pemerintah melalui perpustakaan daerah, nyaris tidak ada lagi perpustakaan umum yang dapat di akses dengan mudah oleh pengunjung. Kalaupun ada, perpustakaan itu dibangun oleh lembaga besar atau individu yang memiliki dana banyak yang mampu membangun perpustakaan. Itu pun hanya lembaga besar atau individu yang memiliki kesadaran bahwa perpustakaan merupakan asset yang berharga.

Perpustakaan-perpustakaan yang sudah ada saat ini, kondisinya pun relatif memprihatinkan karena pengelolaan yang seadanya dan orang-orang yang bekerja didalamnya pun hanya sebagai pelengkap dan bukan sebagai idaman. Terkesan main-main, tidak serius atau terlalu kaku dalam menemui para pengunjung. 

Melihat kondisi yang miris tersebut,bagi lembaga sosial kemanusiaan yang memiliki perhatian cukup tinggi dalam bidang pendidikan, mencoba memberikan alternatif program perpustakaan, kecil dan sederhana namun dapat memberikan makna yang lebih kepada masyarakat terutama para pengakses perpustakaan dan pecinta buku.

Perpustakaan Keliling sebagai Model
Dalam kiprahnya sebagai lembaga yang peduli terhadap perbaikan masa depan,perlu mengembangkan program-program perpustakaan yang terintegral dalam program pendidikan.Perlu mengembangkan program perpustakaan keliling di landasi beberapa hal sebagai berikut:

1.    Perpustakaan keliling dapat menjangkau daerah-daerah yang terpencil
2.    Bersifat aktif, artinya tidak menunggu para pembaca yang datang, tetapi menjemput anak-anak dan para pengunjung untuk dapat membaca.
3.    Suasana bersifat mobile, tidak monoton, kaku dan “angker”
4.    Program perpustakaan keliling relatif lebih murah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar